Senin, 10 April 2017

TEKNOLOGI PENGOLAHAN AIR BERSIH DENGAN PROSES SARINGAN PASIR LAMBAT "UP FLOW"

Oleh:(HerjunPrabowo, AMKL)
Air bersihmerupakankebutuhan yang sangat vital bagimasyarakat.Sampaisaatinimasalah air bersihmasihbanyakdijumpaibaik di daerahperkotaanmaupun di daerahpedesaan.Salah satuteknologipengolahan air untukdaerahpedesaan yang sederhana, mudahdanmurahyakniteknologisaringanpasirlambat.
Teknologisaringanpasirlambat yang banyakditerapkan di Indonesia biasanyaadalahsaringanpasirlambatkonvesionaldenganarahalirandariataskebawah (down flow), sehinggajikakekeruhan air bakunaik, terutamapadawaktuhujan, makaseringterjadipenyumbatanpadasaringanpasir, sehinggaperludilakukanpencuciansecara manual dengancaramengeruk media pasirnyadandicuci, setelahbersihdipasanglagisepertisemula, sehinggamemerlukantenaga yang cucupbanyak. Hal inilah yang seringmenyebabkansaringanpasirlambat yang telahdibangunkurangberfungsidenganbaik, terutamapadamusimhujan.
Dalamrangkameningkatkankebutuhandasarmasyarakatkhususnyamengenaikebutuhanakan air bersih di daerahpedesaan, makaperludisesuaikandengansumber air bakusertateknologi yang sesuaidengantingkatpenguasaanteknologidalammasyarakatitusendiri. Salah satualternatifyaknidenganmenggunakanteknologipengolahan air sederhanadengan "SaringanPasirLambat".
            Sistemsaringanpasirlambatadalahmerupakanteknologipengolahan air yang sangatsederhanadenganhasil air bersihdengankualitas yang baik.Sistemsaringanpasirlambatinimempunyaikeunggulanantaralaintidakmemerlukanbahankimia (koagulan) yang manabahankimiainimerupakankendalaseringdialamipada proses pengolahan air di daerahpedesaan.
            Di dalamsistempengolahanini proses pengolahan yang utamaadalahpenyaringandengan media pasirdengankecepatanpenyaringan 5 - 10 m3/m2/hari.. Air bakudialirkanketangkipenerima, kemudiandialirkankebakpengendaptanpamemakaizatkimiauntukmengedapkankotoran yang adadalam air baku. selanjutnya di saringdengansaringanpasirlambat. Setelahdisaringdilakukan proses khlorinasidanselanjutnyaditampung di bakpenampung air bersih, seterusnya di alirkankekonsumen.
            Jika air bakubakudialirkankesaringanpasirlambat, makakotoran-kotoran yang ada di dalamnyaakantertahanpada media pasir. Olehkarenaadanyaakumulasikotoranbaikdarizatorganikmaupunzatanorganikpada media filternyaakanterbentuklapisan (film) biologis. Denganterbentuknyalapisaninimaka di samping proses penyaringansecarafisikadapatjugamenghilangkankotoran (impuritis) secara bio-kimia. Biasanya ammonia dengankonsetrasi yang rendah, zatbesi, mangandanzat-zat yang menimbulkanbaudapatdihilangkandengancaraini. Hasildengancarapengolahaninimempunyaikualitas yang baik.
            Cara inisangatsesuaiuntukpengolahan yang air bakunyamempunyaikekeruhan yang rendahdanrelatiftetap.Biayaoperasirendahkarena proses pengendapanbiasanyatanpabahankimia. Tetapijikakekeruhan air bakucukuptinggi, pengendapandapatjugamemakaibaghankimia (koagulan) agar beban filter tidakterlaluberat.
I.      MANFAAT
            Denganmenggunakanteknologisaringanpasirlambat Up Flow, dapatdihasilkan air olahandengankualitas yang baikdenganbiayaoperasionalsangatmurah.Pengopersiannyasangatmudahdansederhana.
II.    KEUNGGULAN SARINGAN PASIR LAMBAT DENGAN ARAH ALIRAN DARI BAWAH KE ATAS
            Pengolahan air bersihmenggunakansistemsaringanpasirlambatdenganarahalirandaribawahkeatasmempunyaikeuntunganantaralain :
  • Tidakmemerlukanbahankimia, sehinggabiayaoperasinyasangatmurah.
  • Dapatmenghilangkanzatbesi, mangan, danwarnasertakekeruhan.
  • Dapatmenghilangkan ammonia danpolutanorganik, karena proses penyaringanberjalansecarafisikadanbiokimia.
  • Sangatcocokuntukdaerahpedesaandan proses pengolahansangatsederhana.
  • Perawatanmudahkarenapencucian media penyaring (pasir) dilakukandengancaramembukakranpenguras, sehingga air hasilsaringan yang berada di ataslapisanpasirberfungsisebagai air pencuci. Dengandemikianpencucianpasirdapatdilakukantanpapengerukan media pasirnya.
III.   PROSES PENGOLAHAN
            Secaraumum, proses pengolahan air bersihdengansaringanpasirlambatkonvensionalterdiriatas unit proses yaknibangunanpenyadap, bakpenampung, saringanpasirlambatdanbakpenampung air bersih .
            Unit pengolahan air dengansaringanpasirlambatmerupakansuatupaket. Air baku yang digunakanyakni air sungaiatau air danau yang tingkatkekeruhannyatidakterlalutinggi. Jikatingkatkekeruhan air bakunyacukuptinggimisalnyapadawaktumusimhujan, maka agar supayabebansaringanpasirlambattidaktelalubesar, makaperludilengkapidenganperalatanpengolahanpendahuluanmisalnyabakpengendapanawaldenganatautanpakoagulasibahandenganbahankimia.
            Umumnyadisainkonstruksidirancangsetelahdidapathasildarisurvailapanganbaikmengenaikuantitasmaupunkualitas.Dalamgambardesaintelahditetapkan proses pengolahan yang dibutuhkansertatataletaktiap unit yang beroperasi. Kapasitaspengolahandapatdirancangdenganberbagaimacamukuransesuaidengankebutuhan yang diperlukan.
            Biasanyasaringanpasirlambathanyaterdiridarisebuahbak yang terbuatdaribeton, ferosemen, bata semen ataubak fiber glass untukmenampung air dan media penyaringpasir.Bakinidilengkapidengansistemsaluranbawah, inlet, outlet danperalatankontrol.
            Kapasitaspengolahandapatdirancangdenganberbagaimacamukuransesuaidengankebutuhan yang diperlukan.Biasanyasaringanpasirlambathanyaterdiridarisebuahbak yang terbuatdaribeton, ferosemen, bata semen ataubak fiber glass untukmenampung air dan media penyaringpasir.Bakinidilengkapidengansistemsaluranbawah, inlet, outlet danperalatankontrol.
GambarSkemaPengolahan Air denganSaringanPasirLambat

Dengan Arah Aliran dari Bawah Ke Atas

IV.  KRITERIA PERENCANAAN SARINGAN PASIR LAMBAT "UP FLOW"
            Untukmerancangsaringanpasirlambat "Up Flow", beberapakriteriaperencanaan yang harusdipenuhiantaralain :
  • Kekeruhan air bakulebihkecil 10 NTU. Jikalebihbesardari 10 NTU perludilengkapidenganbakpengendapdenganatautanpabahankimia.
  • Kecepatanpenyaringanantara 5 - 10 M3/M2/Hari.
  • TinggiLapisanPasir 70 - 100 cm.
  • Tinggilapisankerikil 25 -30 cm.
  • Tinggimuka air di atas media pasir 90 - 120 cm.
  • Tinggiruangbebasantara 25- 40 cm.
  • Diameter pasir yang digunakankira-kira 0,2-0,4 mm
  • Jumlahbakpenyaring minimal duabuah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar