Senin, 06 Maret 2017

MACAM-MACAM SAMPAH BERDASARKAN SUMBER, SIFAT DAN BENTUKNYA

 Oleh : Sunawi, SKM
            Sanitarian Puskesmas Karanganyar

Sampah merupakan mareial sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya  suatu proses, dalam proses alam sebenarnya tidak ada  konsep sampah, yang ada  hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan  manusia  didefinisikan  konsep lingkungan  maka sampah  dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.

·         Jenis-jenis sampah berdasarkan jenisnya :
1.       Sampah Alam
2.       Sampah Manusia
3.       Sampah Konsumsi
4.       Sampah Nuklir
5.       Sampah Industri
6.       Sampah Pertambangan
·         Berdasarkan sifatnya :
1.       Sampah organik (  dapat diurai ) atau Degradable
Sampah organik yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan , sayuran daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.
2.       Sampah an organik ( tidak terurai ) atau Undegradable.
Sampah an organik , yaitu sampah yang idak mudah membusuk , seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu dan sebagainya.
Sampah ini bisa dijadikan sampah komersil  atau sampah yang laku  dijual untuk dijadikan produk lainnya.
Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik koran, HVS, maupun  karton.
·         Berdasarkan Bentuknya :
1.       Sampah Padat.
Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia, urine dan sampah cair. Dapat berupa sampah rumah tangga, sampah dapur, sampah kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan  menjadi sampah organik dan an organik. Sampah organik merupakan  sampah yang berasal  dari barang yang mengandung bahan-bahan organik, seperti sisa-sisa sayuran, hewan, kertas,potongan-potongan kayu dari peralatan  rumah tangga, potongan-potongan ranting, rumput pada  waktu pembersihan  kebun dan sebagainya.
2.       Sampah cair.
Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan  dan tidak diperlukan kembali dan dibuang ketempat pembuangan sampah, contohnya :
a.    Limbah hitam : sampah cair yang dihasilkan dari Toilet. Sampah ini mengandung patogen  yang berbahaya.
b.      Limbah Rumah Tangga : Sampah cair yang dihasilkan  dari dapur , kamar mandi, dan tempat cucian. Sampah ini mungkin mengandung patogen.

3.       Sampah Alam
Adalah sampah yang diprodusi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami, seperti halnya daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Diluar kehidupan liar sampah-sampah ini dapat menjadi masalah, misalnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman.
4.       Sampah Manusia
Sampah manisia ( human waste ) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasil hasil pencemaran  manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan karena dapat digunakan sebagai vektor  ( sarana perkembangan ) penyakit yang disebabkan  virus dan bakteri.
5.       Sampah Konsumsi.
Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh manusia  sebagai pengguna barang , dengan kata lain adalah sampah-sampah yang dibuang ketempat sampah. Meskipun demikian , jumlah sampah katagori ini masih jauh lebih kecil dibandingkan  sampah-sampah yang dihasilkan  dari proses  petambangan  dan industr

                                                                                                                               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar